5 Cara untuk Menjalankan Perangkat Lunak Windows pada Mac

5 Cara untuk Menjalankan Perangkat Lunak Windows pada Mac

by Sponsor Article 1/13/20, 3:35 AM

Mac memiliki ekosistem perangkat lunak yang berkembang, tetapi beberapa program masih hanya mendukung Windows. Apakah Anda ingin menggunakan perangkat lunak bisnis atau memainkan game Windows PC, ada banyak cara untuk menjalankan program Windows di Mac Anda.
Beberapa metode ini mirip dengan cara Anda dapat menginstal perangkat lunak Windows di Linux atau menjalankan program Windows di Chromebook. Mesin virtual, dual-booting, lapisan kompatibilitas Wine, dan solusi desktop jarak jauh semuanya termasuk di sini.

1. Mesin Virtual


Mesin virtual adalah salah satu cara terbaik untuk menjalankan perangkat lunak desktop Windows. Mereka memungkinkan Anda untuk menginstal Windows dan sistem operasi lain di jendela pada desktop Mac Anda. Windows akan berpikir itu berjalan di komputer sungguhan, tetapi sebenarnya berjalan di dalam perangkat lunak di Mac Anda.
Anda tidak harus menggunakan program Windows di jendela mesin virtual, baik — banyak program mesin virtual memungkinkan Anda untuk memecah program Windows dari jendela mesin virtual Anda sehingga dapat muncul di desktop Mac Anda. Namun, mereka masih berjalan di dalam mesin virtual di latar belakang.
Anda akan memerlukan lisensi Windows untuk menginstal Windows di mesin virtual. Jika Anda sudah memiliki kunci produk, Anda dapat mengunduh media instalasi Windows secara gratis dan menginstalnya dalam program mesin virtual.


Program mesin virtual populer untuk Mac termasuk Parallels dan VMware Fusion. Masing-masing adalah program berbayar, jadi Anda harus membeli lisensi Windows dan salinan program mesin virtual pilihan Anda. Anda juga dapat menggunakan VirtualBox yang sepenuhnya gratis dan open-source untuk Mac, tetapi dukungan grafis 3D dan integrasi sistem operasi Mac tidak sebaik itu. Parallels dan VMWare Fusion keduanya menawarkan uji coba gratis, sehingga Anda dapat mencoba semua program ini dan memutuskan mana yang terbaik untuk Anda.


Catatan: Kami tidak sering merekomendasikan perangkat lunak berbayar, tetapi dalam kasus Parallels Desktop, itu adalah sesuatu yang kami gunakan di How-To Geek setiap hari untuk menguji perangkat lunak dan menjalankan Windows. Integrasi dengan macOS dilakukan dengan sangat baik, dan kecepatannya menghancurkan VirtualBox. Dalam jangka panjang, harganya sepadan.


Ada satu kelemahan besar untuk mesin virtual: Kinerja grafis 3D tidak luar biasa, jadi ini bukan cara terbaik untuk menjalankan game Windows di Mac Anda. Ya, ini bisa bekerja — terutama dengan game yang lebih lama — tetapi Anda tidak akan mendapatkan performa terbaik, bahkan dalam situasi yang ideal. Banyak game, terutama yang baru, tidak dapat dimainkan. Di situlah opsi selanjutnya ikut bermain.


2. Boot Camp


Apple Boot Camp memungkinkan Anda untuk menginstal Windows bersama MacOS di Mac Anda. Hanya satu sistem operasi yang dapat berjalan pada satu waktu, jadi Anda harus memulai ulang Mac Anda untuk beralih antara macOS dan Windows. Jika Anda pernah menjalankan Linux dengan dual-boot pada PC Windows Anda, itu seperti itu.
Menginstal Windows sebagai sistem operasi nyata di Mac Anda adalah ide terbaik jika Anda ingin bermain game Windows atau menggunakan aplikasi yang menuntut yang membutuhkan semua kinerja yang bisa mereka peroleh. Saat Anda menginstal Windows pada Mac Anda, Anda akan dapat menggunakan aplikasi Windows dan Windows dengan kinerja semaksimal mungkin. Mac Anda akan berkinerja sebaik PC Windows dengan spesifikasi yang sama.
Kelemahannya di sini adalah Anda tidak dapat menjalankan aplikasi macOS dan aplikasi Windows secara bersamaan. Jika Anda hanya ingin menjalankan aplikasi desktop Windows di samping aplikasi Mac Anda, mesin virtual mungkin akan ideal. Di sisi lain, jika Anda ingin memainkan game Windows terbaru di Mac Anda, Boot Camp akan ideal.
Seperti halnya mesin virtual, Anda akan memerlukan lisensi Windows untuk menginstal Windows di Mac Anda.


3. Wine


Wine berasal dari Linux. Ini adalah lapisan kompatibilitas yang memungkinkan aplikasi Windows untuk berjalan di sistem operasi lain. Pada dasarnya, Wine adalah upaya untuk menulis ulang kode Windows tempat aplikasi bergantung sehingga mereka dapat berjalan pada sistem operasi lain. Ini berarti bahwa Wine tidak mendekati sempurna. Itu tidak akan menjalankan setiap aplikasi Windows, dan akan memiliki bug dengan banyak dari mereka. Wine AppDB dapat memberi Anda beberapa gagasan tentang aplikasi mana yang didukung, meskipun berfokus pada dukungan Linux.Meskipun demikian, Wine adalah salah satu cara untuk mencoba menjalankan aplikasi Windows pada Mac. Karena itu tidak mengharuskan Anda menggunakan Windows, Anda tidak perlu lisensi Windows untuk menggunakan Wine. Ini sepenuhnya gratis. Cukup unduh Wine atau WineBottler untuk macOS dan lihat seberapa baik kerjanya untuk aplikasi Anda.


4. CrossOver Mac


CodeWeavers 'CrossOver Mac adalah aplikasi berbayar yang akan menjalankan program Windows di Mac. Ini menggunakan kode Wine open-source untuk mencapai hal ini, tetapi CrossOver menyediakan antarmuka grafis yang bagus dan berfokus pada secara resmi mendukung program-program populer. Jika program yang didukung secara resmi tidak berfungsi, Anda dapat menghubungi CodeWeavers dan berharap mereka membuatnya bekerja untuk Anda. CodeWeavers menyumbangkan perbaikan mereka kembali ke proyek Wine open-source, jadi membayar untuk CrossOver Mac juga membantu proyek Wine itu sendiri.


CrossOver menawarkan uji coba gratis jika Anda ingin mencobanya terlebih dahulu. Anda juga dapat melihat daftar program mana yang berjalan dengan baik di CrossOver sebelum membeli. Sementara CrossOver berfokus pada kompatibilitas, itu masih didasarkan pada Wine, dan tidak akan bekerja dengan segalanya.


Kebanyakan orang mungkin akan paling bahagia untuk program mesin virtual dan lisensi Windows. Dengan CrossOver, Anda tidak perlu menjalankan mesin virtual Windows — tetapi, jika Anda menjalankan mesin virtual Windows, Anda akan dapat menjalankan hampir semua program Windows dengan risiko bug yang lebih sedikit. CrossOver secara teoritis memungkinkan Anda untuk menjalankan game PC Windows pada Mac dengan kinerja yang lebih baik daripada yang Anda dapatkan di mesin virtual, tetapi Anda akan berisiko mengalami bug dan program yang tidak didukung. Boot Camp mungkin masih menjadi solusi yang lebih baik untuk itu.

5. Remote Desktop


Jika Anda sudah memiliki sistem Windows, Anda dapat melewatkan menjalankan perangkat lunak Windows di Mac sepenuhnya dan menggunakan perangkat lunak desktop jarak jauh untuk mengakses mesin Windows dari desktop Mac Anda. Organisasi dengan perangkat lunak bisnis yang berjalan di Windows dapat meng-host server Windows dan membuat aplikasinya tersedia untuk Mac, Chromebook, PC Linux, iPad, tablet Android, dan perangkat lainnya. Jika Anda hanya pengguna rumahan yang juga memiliki PC Windows, Anda dapat mengonfigurasikan PC Windows itu untuk akses jarak jauh dan menyambungkannya kapan pun Anda membutuhkan aplikasi Windows. Ingatlah bahwa ini tidak ideal untuk aplikasi intensif visual seperti game PC.


Jika Anda pengguna Chrome, Anda bahkan dapat menggunakan Chrome Remote Desktop untuk terhubung ke PC Windows yang menjalankan Chrome dari Mac Anda yang menjalankan Chrome.


Semua trik ini jelas membutuhkan lebih banyak pekerjaan daripada sekadar menginstal program Windows pada PC Windows. Jika Anda memiliki Mac, Anda harus fokus menggunakan perangkat lunak Mac jika memungkinkan. Program Windows tidak akan terintegrasi atau berfungsi juga.


Anda mungkin harus membeli lisensi Windows untuk Mac Anda untuk mendapatkan kompatibilitas terbaik, apakah Anda menggunakan mesin virtual atau menginstal Windows di Boot Camp. Anggur dan CrossOver adalah ide bagus, tetapi itu tidak sempurna.