3 Cara Root Hp Android Tanpa PC 2020

3 Cara Root Hp Android Tanpa PC 2020

by Sponsor Article 1/13/20, 6:26 AM

Jika kamu melakukan root HP Android, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Walau ada beberapa risiko juga yang mesti kamu perhatikan!
Nah, tertarik untuk nge-root HP Android kamu? Jika iya, berikut saya punya kumpulan cara root HP Android, Tanpa menggunakan PC.


Apa Itu Root HP?


Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah "root HP", namun belum sepenuhnya mengetahui apa itu root sebenarnya, kan?
Secara harafiah, root berasal dari bahasa Inggris dan memiliki arti akar.
Dalam sistem operasi Android, root HP adalah fitur di mana pengguna bisa mendapatkan kendali dan akses penuh (SuperUser) terhadap HP Android, tablet, dan perangkat lain yang dimilikinya.


Kenapa bisa begitu?


Pasalnya, sistem operasi Android menggunakan basis Linux yang bersifat open source. Open source artinya pengguna memiliki kebebasan untuk melakukan modifikasi terhadap sistem operasi tersebut.


Ini berarti kamu sendiri juga bisa melakukan hal apapun yang kamu mau pada sistem operasi HP Androidmu, setelah kamu melakukan root di HP tersebut. Asalkan kamu tahu cara root HP Android ya, guys.


1. Cara Root Android Tanpa PC dengan KingRoot


Pertama, kamu bisa menggunakan KingRoot yang bisa dibilang sebagai aplikasi root Android tanpa PC terbaik saat ini. Apalagi aplikasi ini telah mendukung lebih dari 100 ribuan tipe HP.


Untuk cara mudah melakukan root HP dengan KingRoot, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.


Langkah - 1: Pertama silakan kamu download dan install KingRoot melalui tautan di bawah ini.
Langkah - 2: Jika sudah, kamu tinggal buka aplikasi KingRoot dan tap tombol yang tersedia. Lalu tunggu pemberitahuan apakah metode eksekusi root bisa dijalankan atau tidak di HP Android kamu.
Langkah - 3: Jika sukses, maka HP Android kamu akan langsung di-root oleh aplikasi KingRoot. Mudah banget, kan?


2. Cara Root Android Tanpa PC dengan Framaroot


Jika cara root HP Android menggunakan KingRoot gagal dilakukan, kamu juga punya opsi lain dengan menggunakan Framaroot.
Framaroot sendiri memiliki fungsi yang tidak berbeda seperti KingRoot dan bisa kamu lakukan dengan melakukan sekali tap saja.
Untuk cara root dengan Framaroot, kamu bisa mengikuti langkah mudah di bawah ini.


Langkah - 1: Silakan download dan install aplikasi Framaroot terbaik melalui tautan di bawah ini.


Langkah - 2: Lalu buka Framaroot dan pilih Install Superuser atau SuperSU yang fungsinya sama saja.


Langkah - 3: Kemudian kamu tinggal pilih menggunakan metode Aragorn atau Gandalf. Di sini Jaka lebih sarankan menggunakan Gandalf.


Langkah - 4: Tunggu proses hingga kamu mendapatkan notifikasi. Kemudian restart HP Android kamu untuk menyelesaikan proses root dengan Framaroot.


Cara root Android dengan Framaroot umumnya lebih banyak berhasil pada HP Android yang menggunakan chipset Mediatek.


3. Cara Root Android Tanpa PC dengan KingoRoot


Terakhir, jika kamu masih gagal melakukan root dengan KingRoot atau Framaroot, kamu juga bisa mencoba cara root HP Android dengan KingoRoot.
Caranya sebelas-dua belas dengan kedua tutorial di atas, dan kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya.
Langkah - 1: Pertama kali kamu bisa download dan install aplikasi KingoRoot terbaru pada tautan di bawah ini.
Langkah - 2: Buka aplikasi KingoRoot, kemudian kamu tinggal tap One Click Root dan tunggu prosesnya hingga selesai.
Langkah - 3: Setelah selesai, secara otomatis perangkat kamu akan di-root dan bisa melakukan kostumisasi.


Kelebihan & Kekurangan Root HP Android


Di samping berbagai manfaat dan kelebihan yang bisa kamu dapatkan melalui root HP Android, ada pula beberapa kekurangan serta risiko yang mesti kamu waspadai loh. Berikut beberapa di antaranya.


Kelebihan Root HP Android


Hapus aplikasi bawaan, yang berpotensi memengaruhi performa memori internal dan RAM dan tidak bisa dihilangkan karena dikunci sistem.
Backup dan restore aplikasi, dengan menggunakan aplikasi Titanium Backup, kamu tidak perlu repot mengembalikan aplikasi saat kamu me-reset HP Android.
Kontrol kernel dan CPU, untuk meningkatkan performa dengan cara meng-overclock kecepatan prosesor hingga performa maksimal.
Menghindari wakelock, yang menyebabkan aplikasi berjalan di background dan lebih cepat membuat baterai HP Android habis.
Mengedit Build.prop, yang memungkinkan kamu untuk melakukan tweak pada baterai, memori dan masih banyak lagi melalui script ini.


Kekurangan Root HP Android


Menghanguskan garansi, karena beberapa brand HP Android melarang modifikasi sistem yang berpotensi dapat merusak perangkat kamu.
Tidak bisa update sistem secara OTA, sehingga terlambat untuk mendapatkan pembaruan dan hanya bisa digunakan di sistem operasi paling akhir.
Celah keamanan semakin berisiko, terutama untuk mendatangkan virus dan malware berbahaya yang disebabkan karena tidak update sistem operasi terbaru.
Menurunkan performa, melalui terlalu banyak tweak yang dilakukan dan tidak cocok dengan perangkat Android yang digunakan.
Malfungsi smartphone Android, dikarenakan banyak proses yang harus dilakukan dan agak berisiko buat kamu yang pemula dan baru melakukan pertama kali.
Demikian dari saya...