Cara Melindungi Mac Anda dari Malware

Advertisements

"Mac tidak bisa mendapatkan malware" adalah ide yang usang. Mac tidak aman dari malware, dan sudah lama tidak ada.


Ini bukan untuk mengatakan bahwa macOS adalah sistem operasi yang tidak aman: tidak. Tapi macOS, seperti Windows dan Linux, rentan terhadap kesalahan pengguna. Pada tingkat tertentu, memastikan Mac Anda bebas dari malware tergantung pada Anda.


Kami telah mengumpulkan beberapa tips untuk pengguna Mac, tetapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan yang tidak khusus untuk Mac juga — jadi pastikan untuk memeriksa panduan lengkap kami untuk keamanan dasar selain tips berikut.


Jaga agar Mac Anda, dan Perangkat Lunak Lainnya, Tetap Terbaru


Anda tahu bagaimana macOS akan memberi tahu Anda tentang pembaruan baru, dan Anda selalu mengklik "Ingatkan Saya Nanti"? Ya, Anda harus berhenti melakukan itu.
Cara paling penting, dan termudah, untuk menjaga Mac Anda aman dari malware adalah menjaga agar macOS dan semua aplikasi Anda tetap mutakhir. Pembaruan sistem menambal kerentanan keamanan yang diketahui, jadi jika Anda tidak up-to-date Anda meninggalkan celah yang sekarang didokumentasikan di sana agar malware berpotensi untuk dieksploitasi. Pembaruan sistem juga memperbarui X-Protect, perangkat lunak anti-malware tersembunyi Mac Anda, memberi Anda perlindungan tingkat sistem terhadap malware umum.


Pembaruan untuk aplikasi Anda juga penting. Peramban Anda adalah vektor potensial yang sangat besar untuk infeksi, jadi pastikan itu terkini. Kerentanan dalam aplikasi apa pun merupakan masalah potensial.


Untungnya, Mac App Store membuat mengelola pembaruan cukup mudah, dengan meletakkan pembaruan sistem dan pembaruan untuk banyak aplikasi Anda semuanya di satu tempat. Dan macOS sangat bagus untuk memberi tahu Anda tentang pembaruan ini, dengan spanduk yang tidak mungkin terlewatkan dan nomor di bilah menu. Anda bahkan dapat mengaktifkan pembaruan otomatis di latar belakang jika Anda tidak ingin berurusan dengan mengelola semuanya sendiri.


Adapun aplikasi yang tidak Anda dapatkan dari Mac App Store, terserah Anda. Jika Anda melihat pemberitahuan yang bersikeras bahwa Anda menginstal pembaruan, lakukanlah. Memang menyebalkan, tentu saja, tetapi ini adalah cara penting untuk menjaga keamanan Mac Anda.


Hanya Instal Perangkat Lunak yang Anda Percayai


Jika Anda tahu di mana Anda melihat, Anda dapat menemukan aplikasi Mac secara gratis. Itu disebut "pembajakan," dan saya yakin warga negara terhormat seperti Anda belum pernah mendengarnya.


Serius, meskipun: menginstal aplikasi Mac bajakan dari situs samar adalah cara yang paling umum untuk berakhir dengan malware, diikuti dengan mengklik iklan yang menyarankan sesuatu seperti "Perangkat lunak Adobe Flash Anda ketinggalan zaman." Jika Anda menginstal perangkat lunak dari situs yang tidak dapat dipercaya, tidak perangkat lunak anti-malware dapat membantu Anda, dan tidak ada yang tahu jenis infeksi apa yang mungkin Anda alami.


Jadi jangan lakukan itu. Selalu unduh perangkat lunak dari Mac App Store, atau langsung dari situs web resmi perangkat lunak. Jika Anda mendapat popup yang mengatakan Adobe Flash sudah ketinggalan zaman, itu mungkin scam — tetapi jika Anda ingin memastikan, buka Adobe.com alih-alih mengklik sembulan dan periksa pembaruan dari sumber resmi.


Secara default, Mac Anda hanya akan menjalankan perangkat lunak dari pengembang resmi, yang bagus. Ini adalah lapisan keamanan penting untuk Anda. Jadi, meskipun kami telah menunjukkan kepada Anda cara membuka aplikasi dari "Pengembang Tidak Dikenal" di Mac Anda, Anda seharusnya hanya benar-benar melakukan ini jika Anda benar-benar yakin bahwa aplikasi yang Anda beri izin untuk dijalankan berasal dari sumber yang dapat dipercaya. Saya mencoba membatasi ini untuk proyek-proyek dengan kode sumber yang tersedia untuk umum, tetapi Anda harus menyusun sendiri aturannya. Pastikan Anda hanya menjalankan aplikasi yang Anda tahu pasti dapat dipercaya.


Nonaktifkan Java dan Flash


Dua vektor yang paling umum untuk malware Mac adalah Java dan Flash, plugin browser yang mendukung web awal tetapi semakin menjadi usang. Sangat penting bagi Anda untuk selalu memperbarui plugin ini.


Di web modern, Java dan Flash sebagian besar dapat dihindari. Safari, browser web default pada macOS, menonaktifkan keduanya secara default, menjalankan plugin hanya ketika Anda mengaktifkannya kembali secara spesifik.


Anda dapat menonaktifkan plugin ini di browser lain juga, dan mungkin ide yang baik untuk menonaktifkan Flash dan Java pada dasarnya semua keadaan. Aktifkan hanya di situs yang Anda percayai, dan hanya jika perlu. Web modern tidak lagi memerlukan Java atau Flash, jadi jika Anda dapat menghindari menjalankannya sama sekali, itu mungkin yang terbaik.


Jangan Nonaktifkan Perlindungan Identitas Sistem


System Identity Protection, yang disebut SIP disingkat oleh sebagian orang dan “tidak bisa ditembus” oleh orang lain, pada dasarnya tidak memungkinkan untuk apa pun selain bundel pembaruan macOS untuk mengubah aspek inti dari sistem operasi. Padahal sebelumnya pengguna dapat membuka Terminal dan mengubah apa pun tentang sistem dengan pengetahuan yang cukup, sebagian besar sistem benar-benar terlarang sekarang.
Ini mematahkan banyak tweak sistem lama, itulah sebabnya beberapa orang mencari cara untuk menonaktifkan perlindungan identitas sistem. Tetapi menonaktifkan SIP adalah ide yang sangat buruk. Jika Anda memiliki kemampuan untuk mengubah inti sistem operasi, demikian juga malware apa pun yang Anda jalankan, yang membuatnya lebih sulit untuk mendeteksi dan menghapus malware semacam itu. Untuk alasan ini, kami menyarankan Anda meninggalkan SIP sendirian.


Jalankan Pemindaian Malware


Kami telah menunjukkan kepada Anda cara menghapus malware dan adware dari Mac Anda, dan dalam artikel itu kami merekomendasikan Malwarebytes untuk Mac untuk pemindaian malware sesekali. Ini adalah program yang bagus untuk dimiliki ketika Anda mencurigai Mac Anda terinfeksi, tetapi bahkan jika Anda tidak memiliki kecurigaan itu adalah kebiasaan yang baik untuk menjalankan pemindaian dari waktu ke waktu. Dengan begitu, jika Anda terinfeksi, Anda setidaknya bisa mengetahuinya dengan cepat.
Jika Anda ingin pemindai malware yang selalu aktif, kami merekomendasikan Sophos, yang gratis untuk pengguna rumahan dan memiliki reputasi yang sangat baik. Ini bisa berat pada sumber daya sistem, tetapi bagus jika Anda ingin menangkap infeksi potensial secara real time.