Apa Antivirus Terbaik untuk Windows 10? (Apakah Windows Defender Cukup Baik?)

Advertisements

Windows 10 tidak akan merepotkan Anda untuk menginstal antivirus seperti Windows 7. Sejak Windows 8, Windows sekarang menyertakan antivirus gratis built-in yang disebut Windows Defender. Tetapi apakah ini benar-benar yang terbaik untuk melindungi PC Anda – atau bahkan cukup baik?


Windows Defender pada awalnya dikenal sebagai Microsoft Security Essentials kembali di Windows 7 hari ketika ditawarkan sebagai unduhan terpisah, tetapi sekarang ia dibangun langsung ke dalam Windows dan diaktifkan secara default. Banyak orang telah dilatih untuk percaya bahwa Anda harus selalu menginstal antivirus pihak ketiga, tetapi itu bukan solusi terbaik untuk masalah keamanan saat ini, seperti ransomware.


Jadi Apa Antivirus Terbaik? Tolong Jangan Buat Saya Membaca Semua Ini


Kami sangat menyarankan Anda membaca seluruh artikel sehingga Anda benar-benar mengerti mengapa kami merekomendasikan kombinasi Windows Defender dan Malwarebytes, tetapi karena kami tahu bahwa banyak orang hanya akan menggulir ke bawah dan membaca skim, berikut adalah rekomendasi TL; DR kami untuk cara menjaga Anda sistem aman:


Gunakan Windows Defender Built-in untuk antivirus tradisional - para penjahat telah beralih dari virus biasa untuk fokus pada Ransomware, serangan zero-day, dan bahkan malware yang lebih buruk yang tidak bisa ditangani oleh antivirus tradisional. Windows Defender ada di dalamnya, menyala sangat cepat, tidak mengganggu Anda, dan melakukan tugasnya untuk membersihkan virus jadul.


Gunakan Malwarebytes untuk Anti-Malware dan Anti-Exploit - semua wabah malware besar dewasa ini menggunakan cacat zero-day di browser Anda untuk menginstal ransomware untuk mengambil alih PC Anda, dan hanya Malwarebytes yang memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap hal ini dengan anti unik mereka Sistem-eksploitasi. Tidak ada bloatware dan itu tidak akan memperlambat Anda.


Catatan Editor: Ini bahkan tidak menyebutkan fakta bahwa Malwarebytes, perusahaan, dikelola oleh beberapa orang hebat yang sangat kami hormati. Setiap kali kami berbicara dengan mereka, mereka senang dengan misi membersihkan internet. Tidak jarang kami memberikan rekomendasi How-To Geek resmi, tetapi sejauh ini ini adalah produk favorit kami, dan sesuatu yang kami gunakan sendiri.


Pukulan Satu-Dua: Antivirus dan Anti-Malware


Anda memerlukan perangkat lunak antivirus di komputer Anda, tidak peduli seberapa "hati-hati" Anda menjelajah. Menjadi pintar tidak cukup untuk melindungi Anda dari ancaman, dan perangkat lunak keamanan dapat membantu bertindak sebagai garis pertahanan lain.


Namun, antivirus itu sendiri tidak lagi memiliki keamanan yang memadai. Kami menyarankan Anda menggunakan program antivirus yang bagus dan program anti-malware yang bagus. Bersama-sama, mereka akan melindungi Anda dari sebagian besar ancaman terbesar di internet saat ini: virus, spyware, ransomware, dan bahkan program yang mungkin tidak diinginkan (PUP) - di antara banyak lainnya.


Jadi mana yang harus Anda gunakan, dan apakah Anda perlu membayar uang untuk itu? Mari kita mulai dengan bagian pertama dari kombo itu: antivirus.


Apakah Windows Defender Cukup Baik?


Ketika Anda menginstal Windows 10, Anda akan memiliki program antivirus yang sudah berjalan. Windows Defender terintegrasi dengan Windows 10, dan secara otomatis memindai program yang Anda buka, mengunduh definisi baru dari Pembaruan Windows, dan menyediakan antarmuka yang dapat Anda gunakan untuk pemindaian mendalam. Yang terbaik dari semuanya, ini tidak memperlambat sistem Anda, dan sebagian besar tetap berada di luar jalan Anda — yang tidak dapat kami katakan tentang sebagian besar program antivirus lainnya.


Untuk sementara waktu, antivirus Microsoft jauh di belakang yang lain ketika menyangkut tes perangkat lunak antivirus komparatif — jauh di belakang. Sudah cukup buruk bahwa kami merekomendasikan sesuatu yang lain, tetapi sejak bangkit kembali, dan sekarang memberikan perlindungan yang sangat baik.
Jadi singkatnya, ya: Windows Defender cukup bagus (selama Anda memasangkannya dengan program anti-malware yang bagus, seperti yang kami sebutkan di atas — lebih dari itu sebentar lagi).


Tetapi apakah Windows Defender Antivirus Terbaik? Bagaimana dengan Program Lain?


Jika Anda melihat perbandingan antivirus yang kami tautkan di atas, Anda akan melihat bahwa Windows Defender, meskipun bagus, tidak mendapatkan peringkat tertinggi dalam hal skor perlindungan mentah. Jadi mengapa tidak menggunakan yang lain?


Pertama, mari kita lihat skor itu. AV-TEST menemukan bahwa ia masih menangkap 99,9% dari "malware yang tersebar luas dan lazim" pada April 2017, bersama dengan 98,8% persen dari serangan zero-day. Avira, salah satu program antivirus berperingkat AV-TEST, memiliki skor yang sama persis untuk bulan April — tetapi skor yang sedikit lebih tinggi dalam beberapa bulan terakhir, sehingga peringkat keseluruhannya (untuk beberapa alasan) jauh lebih tinggi. Tetapi Windows Defender hampir tidak lumpuh seperti peringkat 4.5-out-of-6 AV-TEST yang Anda yakini.


Lebih jauh, keamanan lebih dari sekadar skor perlindungan mentah. Program antivirus lain kadang-kadang dapat melakukan sedikit lebih baik dalam tes bulanan, tetapi mereka juga datang dengan banyak mengasapi, seperti ekstensi browser yang benar-benar membuat Anda kurang aman, pembersih registri yang mengerikan dan tidak perlu, banyak junkware yang tidak aman, dan bahkan kemampuan untuk melacak kebiasaan browsing Anda sehingga mereka dapat menghasilkan uang. Selain itu, cara mereka menghubungkan diri ke peramban dan sistem operasi Anda sering menyebabkan lebih banyak masalah daripada yang dipecahkan. Sesuatu yang melindungi Anda dari virus tetapi membuat Anda terbuka terhadap vektor serangan lainnya bukanlah keamanan yang baik.


Windows Defender tidak melakukan hal-hal ini — ia melakukan satu hal dengan baik, gratis, dan tanpa menghalangi Anda. Plus, Windows 10 sudah menyertakan berbagai perlindungan lain yang diperkenalkan di Windows 8, seperti filter SmartScreen yang seharusnya mencegah Anda mengunduh dan menjalankan malware, antivirus apa pun yang Anda gunakan. Chrome dan Firefox, juga, termasuk Penjelajahan Aman Google, yang memblokir banyak unduhan malware.


Jika Anda membenci Windows Defender karena alasan tertentu dan ingin menggunakan antivirus lain, Anda dapat menggunakan Avira. Ini memiliki versi gratis yang bekerja dengan cukup baik, versi pro dengan beberapa fitur tambahan, dan memberikan skor perlindungan yang bagus dan hanya memiliki iklan sembulan (tetapi memang memiliki iklan sembulan, yang menjengkelkan). Masalah terbesar adalah Anda harus memastikan untuk mencopot pemasangan ekstensi peramban yang mencoba memaksakan pada Anda, yang membuatnya sulit untuk merekomendasikan kepada orang-orang non-teknis.


Antivirus Tidak Cukup: Gunakan Malwarebytes juga


Antivirus itu penting, tetapi akhir-akhir ini, lebih penting bagi Anda untuk menggunakan program anti-eksploitasi yang baik untuk melindungi browser web dan plug-in Anda, yang paling ditargetkan oleh penyerang. Malwarebytes adalah program yang kami rekomendasikan di sini.


Tidak seperti program antivirus tradisional, Malwarebytes pandai menemukan "program yang mungkin tidak diinginkan" (PUP) dan junkware lainnya. Pada versi 3.0, itu juga berisi fitur anti-exploit, yang bertujuan untuk memblokir eksploit umum dalam program, bahkan jika itu adalah serangan zero-day yang belum pernah dilihat sebelumnya — seperti serangan zero-day Flash yang tidak menyenangkan. Ini juga berisi anti-ransomware, untuk memblokir serangan pemerasan seperti CryptoLocker. Versi terbaru dari Malwarebytes menggabungkan tiga alat ini menjadi satu paket yang mudah digunakan seharga $ 40 per tahun.


Malwarebytes mengklaim dapat mengganti antivirus tradisional Anda sepenuhnya, tetapi kami tidak setuju dengan ini. Ini menggunakan strategi yang sangat berbeda untuk melindungi Anda: antivirus akan memblokir atau mengkarantina program berbahaya yang menemukan jalan mereka ke komputer Anda, sementara Malwarebytes berusaha untuk menghentikan perangkat lunak berbahaya agar tidak mencapai komputer Anda di tempat pertama. Karena tidak mengganggu program antivirus tradisional, kami sarankan Anda menjalankan kedua program untuk perlindungan terbaik.