Cara Menggunakan OneDrive "Vault Pribadi" untuk Mengamankan File Anda

Advertisements

Layanan penyimpanan cloud Microsoft OneDrive sekarang termasuk "Gudang Pribadi" untuk file sensitif Anda. File-file ini dienkripsi dan dilindungi dengan verifikasi dua faktor tambahan, bahkan ketika mereka disinkronkan ke PC Windows 10 Anda.


Gudang Pribadi OneDrive menjadi tersedia di seluruh dunia pada 30 September 2019. Ini berfungsi di Windows 10, Android, iPhone, iPad, dan web.


Apa "Gudang Pribadi" di OneDrive?


Personal Vault adalah area penyimpanan ekstra aman untuk file Anda di OneDrive. Misalnya, jika Anda akan menyimpan dokumen keuangan sensitif atau salinan paspor Anda di OneDrive, Anda mungkin ingin meletakkannya di Gudang Pribadi Anda untuk keamanan ekstra.


Gudang Pribadi Anda memerlukan otentikasi tambahan sebelum Anda dapat mengakses file apa pun di dalamnya. Setiap kali Anda mengaksesnya, Anda harus memberikan kode otentikasi dua faktor, PIN, otentikasi sidik jari, atau otentikasi wajah. Pada Windows 10, Anda dapat menggunakan Windows Hello untuk otentikasi. Mereka akan secara otomatis mengunci setelah dua puluh menit tidak aktif, memaksa Anda untuk mengautentikasi lagi sebelum mengaksesnya. Jika Anda mengaksesnya melalui situs web OneDrive, mereka tidak akan di-cache oleh browser Anda.


Gudang Pribadi mengenkripsi file di dalamnya. Pada Windows 10, Personal Vault menyimpan file-file ini pada area terenkripsi BitLocker pada hard drive Anda. Ini berfungsi bahkan jika Anda memiliki Windows 10 Home dan tidak menggunakan BitLocker untuk hal lain. Microsoft mengatakan file Anda juga dienkripsi saat diam di server Microsoft.
File yang disimpan di Personal Vault tidak dapat dibagikan dengan siapa pun. Bahkan jika Anda berbagi file dan kemudian memindahkannya ke Gudang Pribadi, berbagi akan dinonaktifkan untuk file itu. Ini memberi Anda ketenangan pikiran: Anda tidak dapat secara tidak sengaja membagikan file sensitif selama itu disimpan di sini.
Dengan aplikasi OneDrive di ponsel Anda, Anda dapat memindai dokumen dan mengambil foto langsung dari Gudang Pribadi, menyimpannya di lokasi aman tanpa menempatkannya di tempat lain di telepon Anda terlebih dahulu.


Layanan penyimpanan cloud besar lainnya — Dropbox, Google Drive, dan Apple iCloud Drive — belum menawarkan fitur serupa.


Berfungsi Terbaik dengan Office 365


Sebelum Anda mulai, perlu dicatat bahwa versi gratis OneDrive dan paket 100GB membatasi Anda untuk maksimum tiga file di Gudang Pribadi Anda. Anda bisa menambahkan banyak file ke arsip (seperti file ZIP) dan menyimpan arsip sebagai satu file di lemari besi Anda, tetapi Anda dibatasi hingga tiga file.


Dengan paket Office 365 Personal atau Office 365 Home berbayar, Anda mendapatkan kemampuan untuk menyimpan file sebanyak yang Anda inginkan di Gudang Pribadi — hingga batas penyimpanan OneDrive Anda, yang kemungkinan akan 1TB atau lebih.


Dengan harga $ 10 per bulan untuk Office 365 Home, sebuah paket yang dapat dibagikan oleh enam orang, paket Microsoft Office 365 sangat cocok jika Anda menginginkan Microsoft Office — atau hanya beberapa penyimpanan cloud yang murah. $ 10 per bulan memberi hingga enam orang setiap penyimpanan 1TB dan akses ke aplikasi Office 365.


Platform apa yang didukungnya?


Vault Pribadi berfungsi di OneDrive di Windows 10, Android, iPhone, iPad, dan di web di onedrive.live.com.
Ini tidak tersedia di OneDrive untuk macOS, Windows 7, Windows 8.1, Windows Phone, Xbox, HoloLens, Surface Hub, atau Windows 10 S. Konsultasikan perbandingan fitur OneDrive Microsoft untuk rincian lebih lanjut.


Gudang Pribadi juga hanya tersedia di OneDrive Pribadi. Itu tidak tersedia di OneDrive Business.


Cara Menggunakan Vault Pribadi


Untuk menggunakan Vault Pribadi, cukup buka folder OneDrive Anda dan klik atau ketuk folder "Vault Pribadi". Anda dapat melakukan ini pada PC Windows 10 melalui situs web atau dengan menggunakan aplikasi smartphone — apa pun yang Anda inginkan.


Misalnya, pada Windows 10, Anda bisa membuka File Explorer, klik "OneDrive" di bilah sisi, dan klik dua kali "Personal Vault."
Pertama kali Anda membukanya, OneDrive akan memerlukan otorisasi Kontrol Akun Pengguna untuk mengaktifkan Vault Pribadi — kemungkinan karena fitur BitLocker yang digunakannya. Klik melalui wizard pengaturan pendek untuk mengatur segalanya.


Tempatkan file apa pun yang ingin Anda amankan di Gudang Pribadi Anda.


Gudang Anda akan tetap tidak terkunci sampai Anda tidak aktif selama dua puluh menit. Anda juga dapat segera menguncinya dengan mengklik kanan di dalam folder Personal Vault dan memilih "Kunci Personal Vault."


Saat Anda mencoba mengakses Personal Vault saat terkunci, Anda akan diminta untuk otentikasi tambahan.
Misalnya, jika Anda menyiapkan otentikasi dua faktor untuk akun Microsoft Anda, Anda akan diminta untuk kode otentikasi. Ini berfungsi seperti halnya jika Anda masuk ke akun Microsoft Anda dari perangkat baru untuk pertama kalinya.


Anda akan menemukan Vault Pribadi di folder utama akun OneDrive Anda di setiap platform yang didukung, dari Windows 10 hingga situs web hingga aplikasi ponsel cerdas. Buka saja untuk membukanya dan mengakses file di dalamnya.


Haruskah Anda Menggunakan Vault Pribadi OneDrive?


Personal Vault adalah fitur sambutan yang tersedia di sebagian besar platform modern — Mac dikecualikan. Jika itu mendukung perangkat yang Anda gunakan, itu cara yang lebih aman untuk menyimpan file sensitif daripada hanya membuangnya di folder OneDrive biasa.
Senang juga bahwa Personal Vault mengenkripsi file pada sistem Windows 10 Anda juga. Kami pikir Microsoft harus menawarkan enkripsi BitLocker disk penuh untuk semua orang di Windows 10, tetapi ini lebih baik daripada tidak sama sekali.


Jika Anda sudah muak tentang menyimpan file sensitif di OneDrive, Anda mungkin ingin menjeda sebelum membuang semuanya di Vault Pribadi. Solusi lain — seperti menyimpan dokumen rahasia bersama detail login situs web Anda di brankas manajer kata sandi Anda — mungkin lebih aman. Mereka akan dienkripsi dengan kata sandi utama pengelola kata sandi Anda.


Misalnya, dokumentasi Microsoft mencatat bahwa "Vault Pribadi di Windows 10 tidak melindungi nama dan hash file di Gudang Pribadi Anda ketika Vault dikunci." Jika Anda ingin privasi maksimum untuk file Anda, Anda mungkin lebih baik menggunakan solusi lain. Microsoft berjanji "berkomitmen untuk memperluas perlindungan terhadap atribut-atribut ini dalam pembaruan di masa mendatang," tetapi ini adalah jenis masalah yang tidak akan Anda miliki dengan solusi enkripsi file yang lebih matang.
Secara keseluruhan, bagaimanapun, brankas Pribadi adalah fitur hebat. Lebih banyak layanan penyimpanan cloud harus menawarkan perlindungan tambahan untuk file sensitif seperti ini. Hanya memalukan orang yang tidak membayar Office 365 terbatas pada tiga file.