Cara Membuat Mesin Virtual Windows 10 dengan VMware Player dan VirtualBox

Advertisements

Memiliki mesin virtual di tangan dapat bermanfaat untuk berbagai keperluan, seperti pengujian perangkat lunak atau tweak di lingkungan berpasir yang terpisah dari sistem operasi utama Anda. Mesin virtual juga dapat membantu Anda menjalankan perangkat lunak lama yang tidak berfungsi dengan sistem operasi baru Anda, atau hanya menjelajahi sistem operasi baru sama sekali.

Misalnya, Anda dapat memiliki salinan Linux yang berfungsi penuh saat sedang login ke Windows, atau instalasi Windows XP di dalam Windows 10, dll.

Menjalankan OS dalam OS secara mengejutkan mudah dilakukan dengan bantuan perangkat lunak gratis dari VMware dan VirtualBox, yang keduanya akan menunjukkan kepada Anda cara menginstal dan mengkonfigurasi, meskipun dengan lebih menekankan pada VMware Player.

 

 

Kami telah menggunakan VMware Player secara ekstensif selama bertahun-tahun dan untuk panduan ini kami bekerja dengan instalasi kami saat ini dari versi yang lebih lama yang mendukung prosesor yang lebih lama. VMware Player 14 memiliki fitur baru dan dukungan yang ditingkatkan untuk perangkat keras yang lebih modern, dan akan menjadi fokus panduan kami hari ini. Sementara itu, VirtualBox juga layak disebut karena dapat dijalankan di macOS. Baik VMware dan VirtualBox mendukung Linux.

 

Menyiapkan mesin virtual Windows 10 di VMware Player

 

Dengan VMware Player terinstal dan terbuka, Anda dapat mulai menyiapkan mesin virtual baru dari file ISO atau CD / DVD bootable dengan masuk ke menu "Player" di kiri atas> New Virtual Machine dan jendela pertama akan memungkinkan Anda memilih File ISO atau CD instalasi (atau untuk melanjutkan tanpa salah satunya).

 

 

Jika salinan Windows 10 Anda berada pada drive USB yang dapat di-boot alih-alih menjadi ISO, VMware Player tidak memberikan dukungan asli untuk mem-boot perangkat USB, tetapi mudah untuk menambahkan fungsi ini ketika Anda mencapai layar konfigurasi perangkat keras di akhir dari perintah setup.

 

 

Cara mem-boot off drive USB di VMware Player ...

 

Unduh Plop Boot Manager dan ekstrak konten yang di-zip. Ketika Anda mencapai layar terakhir di wizard pengaturan mesin virtual, klik "Customize Hardware ..." untuk membuka pengaturan perangkat keras VM (Anda juga dapat mencapai menu ini sesudahnya melalui Player> Manager> Pengaturan Mesin Virtual).

Setelah Anda berada di pengaturan perangkat keras ...

     -Klik "Tambah ..." di bagian bawah jendela pengaturan perangkat keras
     -Klik "Next" pada drive CD / DVD berikutnya
     -Pilih ISO pada prompt berikutnya dan arahkan ke Plop Boot Manager.iso

 

 

Sekarang ketika Anda memulai mesin virtual Anda itu akan memiliki menu perangkat boot kustom termasuk kemampuan untuk boot dari perangkat USB.

Sebagian besar proses pengaturan untuk membuat mesin virtual baru sangat mudah tetapi ada beberapa detail tambahan yang perlu diperhatikan tentang konfigurasi pengaturan awal:

     -Anda mungkin tidak ingin mesin virtual disimpan di drive utama Anda jika terbatas pada ruang seperti dengan SSD berkapasitas rendah, tetapi Anda dapat menyimpan file mesin virtual pada drive apa pun yang terhubung ke komputer Anda.
     -Mengalokasikan 60GB harus banyak penyimpanan untuk memulai dan Anda mungkin bisa menguranginya jika perlu.
     -2GB RAM akan berfungsi jauh lebih baik daripada 1GB untuk Windows 10.
     -Proses pengaturan di atas serupa atau identik untuk sistem operasi lain.

 

 

Menginstal Windows 10 pada mesin virtual yang baru dibuat ...

 

Perhatikan bahwa menekan Ctrl + Alt akan mengubah fokus dari mesin virtual kembali ke sistem operasi utama Anda.

Jika Anda berhasil melalui wizard pengaturan, Anda akan melihat mesin virtual baru Anda terdaftar layar selamat datang VMware Player di mana ia dapat dinyalakan untuk memulai instalasi Windows 10. Kami tidak akan membahasnya secara mendalam karena sebagian besar dari Anda mungkin berkenalan dengan baik, tetapi berikut adalah beberapa catatan tentang proses instalasi Windows 10:

     -Sebagai permulaan, Anda tidak perlu lisensi untuk menginstal Windows 10. Tidak mengaktifkan Windows 10 akan mengunci fitur personalisasi dan meletakkan tanda air di desktop tetapi sistem operasi akan tetap cukup fungsional untuk melakukan pengujian perangkat lunak, dll. Ketika diminta untuk kunci produk, cari opsi di bagian bawah layar registrasi dan pilih bahwa Anda tidak memilikinya.

 

 

-Kami sarankan untuk menggunakan akun Windows offline yang merupakan opsi di kiri bawah layar masuk instalasi Windows, dan Anda dapat melanjutkan tanpa kata sandi pada prompt berikutnya dengan mengklik next.

 

 

Ketika instalasi Windows 10 selesai, mesin virtual Anda harus secara otomatis terhubung ke internet dengan asumsi ia memiliki driver jaringan yang berfungsi. Driver umumnya harus menjaga diri mereka sendiri dan jika Anda mulai dengan versi terbaru Windows Anda tidak harus memiliki banyak jika ada pembaruan untuk diunduh - jika itu bahkan penting untuk kasus penggunaan Anda.

 

Mengkonfigurasi mesin virtual VMware Player Anda sedikit lebih jauh ...

 

Untuk menggunakan VM Anda, Anda mungkin ingin mengubah resolusi tampilan Anda terlebih dahulu, terutama jika Anda bermaksud menggunakan mesin virtual dalam layar penuh. Perlu beberapa menit untuk menginstal VMware Tools, sehingga resolusi Anda akan secara otomatis menyesuaikan ketika ukuran jendela mesin virtual berubah.

VMware Tools juga menambahkan fitur-fitur berharga lainnya, seperti kemampuan untuk menarik dan melepas file langsung ke mesin virtual dari lingkungan Windows utama Anda, serta kemampuan untuk membuat folder bersama antara sistem operasi host dan guest.


Cara menginstal Alat VMware

 

Klik tombol "Player" di kiri atas VMWare Player lalu buka Manage> Install VMware Tools. Perangkat lunak harus secara otomatis dipasang ke drive DVD mesin virtual Anda dan jika tidak autorun Anda dapat menavigasi di sana dari File Explorer untuk meluncurkan sendiri yang dapat dieksekusi (D: \ setup64.exe). Mesin virtual harus di-boot ulang agar instalasi selesai.

Anda masih dapat mentransfer file ke dan dari mesin virtual tanpa menginstal VMware Tools dengan menghubungkan perangkat penyimpanan yang dapat dilepas. Dalam menu Player ada bagian untuk perangkat yang dapat dilepas di mana flash drive Anda dll. Harus terdaftar dan dapat dihubungkan atau diputuskan, yang diperlukan untuk sistem operasi utama untuk mengenali perangkat lagi.

 

 

Setiap konfigurasi mesin virtual di luar titik ini harus hampir sama dengan menyiapkan instalasi Windows 10 baru lainnya. Kami cenderung memulai dengan menghapus sebagian besar item dari bilah tugas (Cortana terlebih dahulu) dan desktop - termasuk Keranjang Sampah, meskipun itu tidak mungkin dengan opsi personalisasi terkunci di mesin virtual yang tidak diaktifkan.


Melakukan beberapa hal yang sama menggunakan VirtualBox

 

Proses konfigurasi mirip dengan VMware Player di samping beberapa perbedaan menu seperti bagaimana Anda memasang file gambar sistem operasi tamu. Anda dapat membuat mesin virtual baru dengan mengklik "Baru" dan mengikuti petunjuknya, setelah itu akan terdaftar di panel kiri dengan perangkat keras virtual di bawah "Alat-alat mesin" di sebelah kanan.

 

 

Gulir ke bawah ke "Storage" di mana Anda dapat mengklik kanan drive optis, pasang file gambar sistem operasi dan mulai mesin virtual untuk mulai menginstal Windows 10 (ingat untuk meng-unmount gambar Windows 10 setelah instalasi).

Perhatikan bahwa mudah kehilangan opsi untuk mengubah direktori penyimpanan mesin virtual saat melalui proses pembuatan awal - buka "Mode Pakar" pada layar Buat Virtual Hard Disk dan telusuri ke tujuan di mana Anda ingin virtual mesin disimpan.

 

 

Banyak fitur yang disebutkan untuk VMware Player juga hadir di menu pengaturan VirtualBox, seperti drag and drop dan folder bersama, meskipun VMware tampaknya lebih baik dalam penskalaan otomatis tampilan mesin virtual saat Anda mengubah ukurannya (Ctrl + F kanan berjalan layar penuh dan Ctrl + C kanan memungkinkan mode penskalaan - tidak ada yang setajam VMware Player).

 

 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kami memiliki lebih banyak pengalaman dengan VMware Player, tapi di sini ada panduan pengguna lengkap untuk VirtualBox jika itu perangkat lunak yang Anda gunakan.


Bonus: Unduh Microsoft ISO

 

Alat Pengunduhan Microsoft Windows dan Office ISO memudahkan untuk mengunduh gambar disk (Windows) Windows 7, Windows 8.1 dan Windows 10 dari server Microsoft, serta Office 2010, Office 2013, Office 2016, Expression Studio, dan Office for Mac.

  • Share