Apa itu Vcore dan Bagaimana Itu Membantu dengan Overclocking?

Advertisements

Mengapa itu penting: Vcore, atau tegangan inti, adalah tegangan yang disuplai untuk memberi daya pada CPU Anda. Jumlah daya yang digunakan CPU dan jumlah panas yang dihasilkan terkait dengan jumlah tegangan yang dihasilkannya. Definisi identifikasi tegangan, atau VID, menentukan jumlah tegangan yang dibutuhkan CPU Anda untuk menjaga stabilitas pada kecepatan clock default.

Tegangan inti berbeda untuk setiap model prosesor, dan sementara semua CPU dari model yang sama memiliki VID yang sama, tidak semua sampel mempertahankan stabilitas pada kecepatan jam dan Vcore yang sama karena sedikit variasi dalam kualitas silikon. Setiap sampel dari model CPU yang sama diuji untuk menjaga stabilitas pada kecepatan standar dan VID ditentukan oleh pabrikan.

Tegangan inti biasanya mempertahankan nilai konstan saat CPU Anda digunakan; Namun, terkadang di bawah beban kerja yang berat, vcore dapat berfluktuasi. Ini dikenal sebagai Vdroop dan dapat diperbaiki dengan kalibrasi garis beban. Ini berlaku tegangan tambahan saat beban meningkat untuk menjaga stabilitas CPU Anda.


Vcore dan Overclocking

 

Ketika datang ke overclocking, Anda hanya dapat mendorong frekuensi CPU Anda sejauh ini sebelum CPU Anda mulai mengalami ketidakstabilan. Program mungkin mulai macet atau hang up, kinerja game bisa menurun atau komputer Anda bahkan bisa gagal boot. Ini karena prosesor Anda tidak mendapatkan tegangan yang cukup untuk menjaga stabilitas sistem.

Peningkatan voltase akan memungkinkan Anda untuk melakukan overclock yang sempurna.

Untuk menyesuaikan tegangan, Anda harus boot ke BIOS motherboard Anda dan membuat penyesuaian di sana. Vcore dinyatakan sebagai nilai tiga desimal, seperti 1.235v. Secara default, kontrol tegangan diatur ke otomatis; ini dapat diganti dengan mengetikkan nilai apa pun. Pastikan tidak melebihi maksimum yang disarankan untuk prosesor Anda.

 

 

Sebelum memperbaiki Vcore, penting untuk menemukan nilai dasar yang baik untuk kecepatan yang diberikan. Ini bervariasi dari model ke model tetapi dapat membantu untuk membaca ulasan untuk CPU Anda, khususnya yang berfokus pada overclocking.

Sebagian besar publikasi akan mencantumkan voltase yang mereka perlukan untuk menjaga beberapa kecepatan berbeda agar tetap stabil. Setiap sampel CPU berbeda dan Anda perlu menyesuaikan voltase sebelum menyebutnya selesai; Namun, nilai-nilai ini memang memberikan titik awal yang baik.

 

 

Jika Anda mem-boot mesin Anda dan tidak menemukan masalah stabilitas, maka Anda tahu sudah waktunya untuk mulai mengurangi tegangan. Saat melakukan overclocking, Anda ingin mencari tegangan terendah yang diperlukan untuk menjaga stabilitas. Lebih banyak tegangan sama dengan lebih banyak panas dan ini akan memungkinkan Anda untuk menjaga suhu tetap terkendali.

 

 

Cara paling aman untuk menyesuaikan tegangan adalah dengan kenaikan 0,01 volt. Kurangi tegangan hingga komputer Anda mulai menunjukkan tanda-tanda ketidakstabilan di bawah beban. Gunakan program seperti Intel Extreme Tuning Utility (XTU) atau Prime95 untuk menguji kemampuan prosesor Anda.

Jika tes gagal atau gagal, maka Anda perlu menaikkan tegangan kembali ke titik stabil sebelumnya. Untuk efisiensi optimal, Anda dapat meningkatkan tegangan dengan 0,005 sebagai gantinya dan lagi menguji stabilitas.

 

 

Sebaliknya, jika overclock Anda tidak stabil pada tegangan awal Anda, Anda kemudian perlu meningkatkan tegangan sampai komputer Anda tidak menunjukkan efek buruk dan kemudian mengurangi peningkatan 0,005 menjadi fine tune.

 

 

Undervolting

 

Overclocking bukan satu-satunya waktu yang berguna untuk mengatur voltase. Seperti disebutkan, level tegangan yang lebih tinggi menyebabkan CPU Anda menghasilkan lebih banyak panas, terlepas dari frekuensi. Beberapa sampel CPU mungkin memiliki VID lebih tinggi daripada yang sebenarnya diperlukan pada frekuensi default. Undervolting prosesor Anda memungkinkan Anda untuk menjaga stabilitas sambil menurunkan suhu dan memperpanjang umur prosesor Anda.

Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa menonaktifkan Turbo Boost adalah pengganti yang lebih efektif untuk melepaskan panas. Meskipun hal ini menghasilkan penurunan suhu, ini bukan alternatif karena tujuan undervolting adalah untuk mempertahankan tingkat kinerja yang sama sambil menghasilkan lebih sedikit panas. Saat membuat penyesuaian, prinsip-prinsip yang sama berlaku di sini seperti dengan overclocking, kurangi Vcore dengan kenaikan 0,01 dan kemudian sempurnakan dengan penyesuaian 0,005.

  • Share