Cara Memantau (dan Mengurangi) Penggunaan Data Anda di Android

by Sponsor Article 1/13/20, 4:34 AM Cara Memantau (dan Mengurangi) Penggunaan Data Anda di Android
Advertisements

Ponsel yang semakin canggih dan aplikasi yang haus data menjadikannya lebih mudah untuk menembus batas data paket ponsel Anda ... dan menimbulkan biaya penggunaan yang tidak wajar. Baca terus saat kami menunjukkan kepada Anda bagaimana mengelola penggunaan data Anda.


Hanya beberapa tahun yang lalu, hampir tidak pernah terdengar untuk menembus beberapa GB data seluler. Sekarang aplikasi telah menggelembung dalam ukuran (itu tidak biasa untuk aplikasi dan pembaruan mereka melebihi ukuran 100MB), dan dengan streaming musik dan video menjadi lebih populer, mudah untuk membakar melalui tutup data Anda dalam beberapa hari.


Menonton satu jam video streaming definisi standar di Netflix atau Youtube akan dengan mudah dan mudah mengunyah satu gigabyte data. Benjolan yang mengalir hingga HD, dan penggunaan data pada dasarnya tiga kali lipat - sekitar tiga gigabytes data akan digunakan. Streaming musik berkualitas tinggi melalui layanan seperti Google Play Music atau Spotify? Anda melihat sekitar 120MB per jam untuk itu. Pada awalnya mungkin tidak banyak, tetapi lakukan selama satu jam sehari selama seminggu dan Anda mencapai 840MB. Satu jam sehari selama sebulan menempatkan Anda sekitar 3,2GB. Jika Anda menggunakan paket data 5GB, Anda hanya menggunakannya sekitar 65% untuk musik saja.


Tentu, Anda bisa membayar lebih untuk rencana yang lebih besar, tetapi siapa yang mau melakukan itu? Sebelum Anda membayar lebih dari $ 1 yang diperoleh dengan susah payah, berikut adalah beberapa trik untuk mengurangi penggunaan data Anda (dan mengawasi itu).


Cara Memeriksa Penggunaan Data Anda


Sebelum hal lain, Anda perlu memeriksa penggunaan data Anda. Jika Anda tidak tahu seperti apa bentuk penggunaan Anda, Anda tidak tahu seberapa ringan atau berat Anda perlu mengubah pola konsumsi data Anda.


Anda bisa mendapatkan perkiraan kasar dari penggunaan data Anda menggunakan Sprint, AT&T, atau kalkulator Verizon, tetapi hal terbaik untuk dilakukan adalah benar-benar memeriksa penggunaan Anda selama beberapa bulan terakhir.


Cara termudah untuk memeriksa penggunaan data masa lalu adalah masuk ke portal web penyedia seluler Anda (atau periksa tagihan kertas Anda) dan lihat apa penggunaan data Anda. Jika Anda secara rutin berjalan di bawah batasan data Anda, Anda mungkin ingin menghubungi penyedia Anda dan melihat apakah Anda dapat beralih ke paket data yang lebih murah. Jika Anda mendekati batas data atau melebihi itu, Anda pasti ingin terus membaca.


Anda juga dapat memeriksa penggunaan bulan Anda saat ini langsung dari Android. Buka Pengaturan> Nirkabel & Jaringan> Penggunaan Data. Anda akan melihat layar yang terlihat seperti layar pertama di sini:


Jika Anda menggulir ke bawah, Anda akan melihat penggunaan data seluler oleh aplikasi, seperti yang terlihat pada tangkapan layar kedua di atas. Penting untuk dicatat bahwa grafik ini hanya menampilkan data yang dikirim melalui koneksi data seluler Anda dan bukan koneksi Wi-Fi Anda. Anda mungkin pecandu YouTube, tetapi jika Anda melakukan semua tontonan Anda saat terhubung ke jaringan rumah Anda, itu tidak akan terdaftar di sini. Jika Anda juga ingin melihat penggunaan data Wi-Fi Anda, tekan tombol menu dan pilih "Tampilkan penggunaan Wi-Fi."


Perlu disebutkan bahwa Anda harus menentukan siklus penagihan Anda di sini untuk tampilan paling akurat pada penggunaan data Anda. Karena data Anda akan direset pada hari pertama siklus baru, tidak masalah apa yang Anda gunakan bulan sebelumnya, jadi Anda tidak ingin hal itu mengacaukan hasilnya.


Selain pemantauan, Anda juga dapat mengatur peringatan data dengan menyesuaikan bilah geser sesuai keinginan Anda — ketika Anda mencapai jumlah yang ditentukan oleh batas terputus, Anda akan mendapat peringatan untuk memberi tahu Anda di mana Anda berada.


Anda juga dapat mengaktifkan opsi "Tetapkan batas data seluler", lalu gunakan bilah geser oranye untuk menentukan tempat Anda ingin data terpotong sepenuhnya. Setelah Anda mencapai batas itu, data seluler akan dinonaktifkan di ponsel Anda hingga Anda mengaktifkannya kembali.


Cara Menjaga Penggunaan Data Anda di Cek


Ada dua jenis data sink ketika datang ke perangkat seluler. Pertama, ada konsumsi data yang didorong oleh pengguna, atau "data latar depan". Saat Anda menonton video berkualitas tinggi atau mengunduh album baru, Anda secara langsung berkontribusi meningkatkan penggunaan data Anda untuk bulan itu, dengan asumsi Anda menggunakan data seluler dan bukan Wi-Fi.


Tentunya, untuk menggunakan lebih sedikit data latar depan, Anda perlu berhenti mengunduh, streaming, dan menjelajah begitu banyak.
Namun, yang kurang jelas bagi kebanyakan orang adalah jumlah data di belakang layar yang cukup besar yang berputar melalui koneksi Anda — "data latar belakang". Polling untuk pembaruan Facebook, cek kotak masuk email frekuensi tinggi, pembaruan aplikasi otomatis, dan kegiatan latar belakang lainnya dapat mengurangi jumlah alokasi data Anda jika Anda tidak berhati-hati. Mari kita lihat bagaimana kita dapat mengurangi sebagian dari ini.


Pertama: Lihat Aplikasi Yang Menggunakan Data
Pertama, mari kita selidiki aplikasi mana yang benar-benar menghasilkan sejumlah besar data latar belakang. Kembali ke Pengaturan> Nirkabel & Jaringan> Penggunaan Data untuk melihat aplikasi Anda, dalam urutan penggunaan data. Anda dapat mengetuk aplikasi individual untuk melihat tampilan yang lebih detail. Di sini kita dapat melihat penggunaan latar depan dan latar belakang:
Ini akan sangat membantu dalam langkah-langkah di bawah ini. Jika Anda tahu aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data, Anda tahu aplikasi mana yang harus difokuskan untuk diperbaiki.


Gunakan "Penghemat Data" Android Nougat (Android 7.0+)


Android 7.0 Nougat memperkenalkan cara yang jauh lebih terperinci untuk mengambil kendali pada data seluler Anda dengan fitur baru yang disebut Data Saver.
Pada dasarnya, ini memungkinkan Anda untuk membatasi data latar belakang yang digunakan oleh aplikasi, tetapi memasukkan daftar putih apa pun yang ingin memiliki akses tidak terbatas. Ini berarti data latar belakang dinonaktifkan untuk setiap aplikasi secara default, maka Anda dapat memilih tempat untuk memberikan akses tanpa batas.
Untuk memulai, tarik ke bawah naungan pemberitahuan dan ketuk ikon roda gigi untuk masuk ke menu Pengaturan.
Di bawah bagian "Nirkabel & Jaringan", ketuk entri "Penggunaan data".


Tepat di bawah bagian Penggunaan Seluler Anda akan menemukan opsi "Penghemat Data". Di sinilah kesenangan dimulai.
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah beralih ke bocah nakal ini menggunakan slider kecil di bagian atas. Ikon baru juga akan muncul di bilah status — di sebelah kiri ikon data lainnya (Bluetooth, Wi-Fi, Seluler, dll.).


Perlu diingat bahwa setelah Anda mengaktifkannya, akses data latar belakang akan dibatasi untuk semua aplikasi. Untuk mengubahnya, ketuk kotak “Akses data tidak dibatasi”.
Ini akan memunculkan daftar semua aplikasi yang saat ini diinstal pada ponsel Anda. Dengan mengaktifkan penggeser aplikasi masing-masing ke "aktif," Anda pada dasarnya memungkinkannya untuk memiliki akses tidak terbatas ke latar belakang. Jadi, jika Anda ingin hal-hal seperti Peta, Musik, atau Facebook selalu bisa mendapatkan data yang mereka butuhkan, pastikan untuk mengaktifkannya menjadi "aktif".


Dan hanya itu yang ada untuk itu. Perlu diingat bahwa ini hanya berlaku untuk data seluler — semua aplikasi akan tetap tidak dibatasi saat berada di Wi-Fi.


Gunakan Aplikasi Datally Google (Android 5.0+)


Jika Anda tidak memiliki Android Nougat, Anda memiliki beberapa opsi lain.
Google baru-baru ini merilis aplikasi baru yang disebut Datally dirancang untuk melacak penggunaan data, memblokirnya berdasarkan aplikasi-oleh-aplikasi, dan bahkan membantu Anda menemukan Wi-Fi publik gratis.


Ketika Anda pertama kali membuka aplikasi, ia akan meminta Anda untuk sejumlah izin, meminta Anda untuk mengizinkan akses penggunaan, dan bertanya apakah Anda ingin mengirim Google data aplikasi Anda dan SMS untuk meningkatkan Datally. Anda harus memberikan dua izin pertama, tetapi Anda bisa melewatkan yang ketiga jika mau.
Layar beranda Datally menunjukkan berapa banyak data seluler yang Anda gunakan hari ini, dan aplikasi mana yang paling banyak digunakan. Anda dapat mengetuk “Temukan Wi-Fi” untuk menemukan jaringan Wi-Fi gratis di dekat Anda, yang sangat berguna.
Geser sakelar "Setel Penyimpan Data" untuk mulai menggunakan Datally. Ini akan meminta Anda untuk mengizinkan Google VPN — ini diperlukan agar Datally dapat berfungsi, karena itulah cara Datally melacak penggunaan data Anda dan memblokirnya dengan cepat. (Kami tidak yakin mengapa Datally membutuhkan VPN untuk melakukan ini ketika pengaturan bawaan Android tidak, tapi kami berharap itu karena Datally adalah aplikasi terpisah, tidak terintegrasi ke dalam sistem operasi itu sendiri. Ini juga akan membuka kemungkinan kemungkinan Dukungan iOS, jika Google ingin menempuh rute itu.)
Setelah Anda mengizinkannya, Anda akan melihat pemberitahuan terus-menerus yang menunjukkan bahwa Penghemat Data Dat aktif, dan itu memblokir lalu lintas latar belakang untuk sebagian besar aplikasi Anda.


Di sinilah Datally mulai menjadi berguna. Saat Anda membuka aplikasi, gelembung kecil akan muncul di sisi layar Anda. Datally akan memungkinkan penggunaan data untuk aplikasi itu saat Anda menggunakannya, dan menunjukkan kepada Anda berapa banyak yang Anda gunakan secara real time. Saat Anda keluar dari aplikasi, itu akan mulai memblokir data lagi. (Meskipun Anda dapat mengetuk gelembung kapan saja untuk memblokir data saat Anda menggunakannya juga.)
Perhatikan bahwa, karena cara kerja Datally, Anda tidak akan dapat menggunakan aplikasi lain dengan Layanan Aksesibilitas atau VPN saat menggunakan Datally dengan cara ini.


Anda juga dapat memilih aplikasi mana yang akan diblokir dan diblokir dari halaman "Kelola Data" Datally.
Secara keseluruhan, Datally adalah versi yang sedikit lebih maju dari Penghemat Data Nougat dalam bentuk aplikasi terpisah, yang bagus jika Anda ingin terus memantau berapa banyak data yang digunakan aplikasi tertentu. Bagi kebanyakan orang, pengaturan bawaan Nougat mungkin baik-baik saja, tetapi Datally adalah pilihan lain yang baik (terutama jika ponsel Anda tidak memiliki Nougat).


Batasi Data Latar Belakang, Aplikasi demi Aplikasi


Jika Anda lebih suka tidak menggunakan aplikasi lain untuk melakukan tugas-tugas ini, Anda dapat melakukan banyak pengaturan manual dengan mengubah sendiri untuk mengurangi data.
Untuk memulai, kembali ke layar beranda dan buka salah satu aplikasi yang menggunakan terlalu banyak data. Lihat apakah ada pengaturan yang dirancang untuk membatasi penggunaan data. Daripada menggunakan Android untuk membatasi penggunaan data Facebook, misalnya, Anda dapat beralih ke aplikasi Facebook dan menurunkan frekuensi pemberitahuan push atau mematikannya sama sekali. Tidak hanya mematikan notifikasi dan jajak pendapat yang terus-menerus mengurangi penggunaan data Anda, tetapi juga bagus untuk memperpanjang usia baterai Anda.


Namun, tidak setiap aplikasi memiliki pengaturan seperti ini – atau memiliki kontrol gigi halus seperti yang Anda inginkan. Jadi, ada opsi lain.
Kembali ke Pengaturan> Nirkabel & Jaringan> Penggunaan Data dan ketuk aplikasi. Centang kotak berlabel "Restrict Background Data" (di Nougat, ini hanya saklar yang disebut "Background Data", yang ingin Anda matikan daripada dihidupkan). Ini akan membatasi penggunaan datanya dari tingkat sistem operasi. Perhatikan bahwa ini hanya berlaku untuk koneksi data seluler – jika Anda menggunakan Wi-Fi, Android akan memungkinkan aplikasi untuk menggunakan data latar belakang secara normal.


Matikan Semua Data Latar Belakang


Jika itu tidak cukup, Anda juga dapat mematikan semua data latar belakang dengan flip satu saklar - ini mengurangi penggunaan data Anda dalam banyak kasus, tetapi juga dapat merepotkan karena tidak membedakan antara penyedot data dan penyumbat data. Dari menu Penggunaan Data, Anda dapat menekan tombol menu dan memeriksa “Batasi Data Latar Belakang”. Ini akan mematikan data latar belakang untuk semua aplikasi.


Nonaktifkan Pembaruan Aplikasi Latar Belakang


Google menyadari betapa berharganya data seluler Anda, sehingga pembaruan aplikasi - yang bisa dibilang menggunakan lebih banyak data Anda daripada yang lain - hanya akan terjadi secara otomatis ketika Anda menggunakan Wi-Fi, setidaknya secara default. Untuk memastikan hal ini terjadi (dan Anda tidak mengubahnya di mana pun), pergilah ke Play Store dan buka menu. Masuk ke Pengaturan, lalu pastikan "Pembaruan aplikasi otomatis" diatur ke "Pembaruan otomatis hanya melalui Wi-Fi."
Catatan singkat sebelum kita melanjutkan: ketika kita berbicara tentang membatasi penggunaan data latar belakang, kami ingin membuatnya sangat jelas bahwa pembatasan ini hanya berlaku untuk penggunaan data seluler Anda; bahkan jika Anda sangat membatasi aplikasi itu masih akan berfungsi secara normal ketika Anda berada di Wi-Fi.


Beli Aplikasi Favorit Anda (untuk Menghapus Iklan)


Seringkali, aplikasi dengan baik menawarkan versi gratis dengan iklan, dan versi berbayar yang bebas iklan. Pengembang perlu makan sehingga Anda dapat membayar mereka dengan pendapatan iklan atau uang tunai. Inilah masalahnya: iklan tidak hanya mengganggu, tetapi mereka juga menggunakan data. Pembaruan ini dapat berharga mulai dari $ 0,99 hingga beberapa dolar, dan sangat mudah didapat jika Anda sering menggunakan aplikasi ini.


Gunakan Penghemat Data Chrome


Jika Anda sering menjelajahi web di ponsel, mode "Data Saver" Google Chrome dapat mengurangi pukulan pada data Anda. Pada dasarnya, ini merutekan semua lalu lintas Anda melalui proxy yang dijalankan oleh Google yang memampatkan data sebelum mengirimkannya ke ponsel Anda. Pada dasarnya, ini tidak hanya menghasilkan penggunaan data yang lebih rendah, tetapi juga membuat halaman memuat lebih cepat. Itu adalah win-win.


Anda mungkin diminta untuk mengaktifkan Penghemat Data saat pertama kali Anda memuat Chrome, tetapi jika Anda memutuskan untuk tidak melakukannya pada saat itu, Anda dapat mengaktifkannya setelah membuka Chrome, membuka Pengaturan> Penghemat Data, dan menggeser sakelar ke "Di".


Tembolok Data Google Maps


Cara terbaik untuk menghindari penghancuran sejumlah besar data saat Anda keluar dan sekitar (dan bergantung pada data seluler) adalah dengan menyimpannya terlebih dahulu saat Anda menikmati kemegahan koneksi Wi-Fi terbuka lebar.
Jika Anda menggunakan Google Maps untuk navigasi harian atau perencanaan perjalanan, Anda menyedot banyak data. Daripada menggunakan versi pembaruan langsung, Anda dapat melakukan pra-cache rute Anda (dan menghemat satu ton penggunaan data seluler dalam proses). Lain kali Anda berencana melakukan beberapa penggunaan berat Maps, buka Maps saat Anda menggunakan Wi-Fi, buka menu, dan pilih "Area offline." Dari sana, Anda dapat mengetuk "Home" untuk mengunduh peta di dekat rumah Anda, atau ketuk “Area Khusus” untuk mengunduh peta untuk area lain yang akan Anda kunjungi segera.


Gunakan Aplikasi Streaming dengan Mode Offline


Banyak aplikasi layanan streaming menambahkan mode offline — mode yang memungkinkan pengguna melakukan pra-cache data saat menggunakan Wi-Fi saat menggunakan koneksi data seluler mereka. Rdio, Rhapsody, Slacker Radio, dan Spotify semua memiliki mode offline untuk membantu pengguna menghindari memukul tutup data mereka.
Caching Data Adalah Teman Anda


Ada banyak area lain yang bisa Anda cache data juga. Selalu berpikir tentang bagaimana Anda bisa membongkar penggunaan data Anda ke Wi-Fi sebelum Anda keluar dan sekitar.


Misalnya, kami tahu ini tahun 2003, tetapi ada sesuatu yang bisa dikatakan untuk mengunduh musik, podcast, ebooks, dan media lainnya ke perangkat Anda dari kenyamanan rumah Anda (dan koneksi Wi-Fi).
Selain itu, jangan gunakan pembunuh tugas. Pada titik ini Anda seharusnya tidak menggunakan pembunuh tugas di tempat pertama, tetapi jika ya, hentikan sekarang. Tidak hanya kegunaannya yang meragukan (dan kami sangat menyarankan agar tidak menggunakannya), tetapi sebagian besar pembunuh tugas juga akan membuang file cache dari aplikasi yang sedang mereka matikan — yang artinya ketika Anda pergi untuk menggunakan aplikasi lagi Anda harus unduh data di seluruh.