Cara Menurunkan Ponsel Android Anda ke Versi Sebelumnya

by Sponsor Article 1/13/20, 6:11 AM Cara Menurunkan Ponsel Android Anda ke Versi Sebelumnya
Advertisements

Tidak semua orang menghargai perubahan ketika versi Android baru mencapai perangkat. Jika Anda ingin beralih kembali, terkadang mungkin untuk menurunkan versi perangkat Android Anda ke versi sebelumnya. Begini cara Anda melakukannya.


Sebelum kita mulai, penting untuk menyebutkan risikonya. Menurunkan versi ponsel Android Anda umumnya tidak didukung, ini bukan proses yang mudah, dan hampir pasti akan mengakibatkan Anda kehilangan data pada perangkat Anda. Pastikan Anda mencadangkan ponsel Anda sebelum memulai.
Selain itu, proses ini dapat membatalkan garansi perangkat Anda atau berpotensi membatalkannya, membuat ponsel Anda tidak lebih dari e-waste. Karena itu, kami TIDAK menyarankan Anda melanjutkan kecuali Anda memiliki pengalaman memodifikasi firmware perangkat Anda dan sepenuhnya memahami risiko yang terlibat.


Sebelum Memutar Ponsel Anda


Seberapa mudah bagi Anda untuk menurunkan versi ponsel Android Anda tergantung pada produsennya. Beberapa produsen membuatnya sangat mudah bagi pengguna untuk "mem-flash" gambar firmware ke perangkat mereka sementara yang lain membuatnya hampir mustahil.


Proses khas untuk menginstal mengharuskan Anda membuka kunci bootloader Anda terlebih dahulu. Tidak semua ponsel Android mengizinkan ini, jadi Anda akan memeriksa sendiri apakah produsen perangkat Anda menawarkan metode resmi untuk membuka kunci bootloader, atau apakah Anda perlu menemukan metode alternatif.
Ingatlah bahwa membuka kunci bootloader Anda akan menghapus penyimpanan internal perangkat Anda. Pastikan Anda telah membuat cadangan ponsel Anda atau data Anda akan hilang selamanya.


Dengan bootloader tidak terkunci, Anda kemudian dapat mem-flash perangkat Anda ke versi Android yang lebih lama. Berhati-hatilah, karena membuka kunci bootloader Anda mungkin akan membatalkan garansi Anda.


Perangkat termudah untuk mem-flash, sejauh ini, adalah ponsel dalam seri Google Pixel. Google menyediakan gambar pabrik untuk perangkat Pixel, dengan berbagai build untuk Android 9 dan 10. Anda akan membutuhkan Android SDK diinstal — dengan alat Fastboot dan Android Debug Bridge (ADB) — untuk mem-flash perangkat Google Pixel.
Namun, ini merupakan tas campuran untuk produsen perangkat lain. Kecuali pabrikan menyediakannya, Anda harus mencari gambar firmware yang sesuai untuk perangkat Anda. Forum XDA-Developers adalah tempat yang baik untuk menemukan gambar firmware yang diturunkan versi yang sesuai untuk ponsel Android Anda, tetapi cari situs web produsen Anda untuk gambar firmware resmi juga.
Mem-flash perangkat non-Google dimungkinkan dengan metode Fastboot, meskipun alat pihak ketiga memang ada untuk produsen perangkat Android lain seperti Samsung.


Memutar secara Manual Menggunakan Fastboot dan ADB


Satu-satunya metode "resmi" untuk menurunkan versi perangkat Android Anda adalah metode Fastboot. Meskipun tidak semua produsen mendukungnya, alat Fastboot tersedia dari Google untuk Anda gunakan dan harus bekerja dengan gambar firmware resmi dari hampir semua produsen Android.
Untuk melanjutkan, Anda hanya perlu membuka kunci bootloader Anda dan memiliki gambar firmware yang sesuai untuk perangkat dan operator Anda. Pastikan USB debugging diaktifkan pada perangkat Android Anda sebelum Anda mulai.


Jika Anda menemukan gambar firmware yang sesuai, bootloader Anda tidak dikunci, dan Anda telah menginstal Android SDK, sambungkan ponsel Android Anda ke PC Anda. Sementara langkah-langkah di bawah ini adalah untuk pengguna Windows 10, perintah ADB dan Fastboot harus bekerja dengan cara yang sama di macOS dan Linux.
Buka file explorer dan menuju ke lokasi yang disimpan dari instalasi Android SDK Anda. Pastikan file gambar Android yang Anda perlu flash juga ada di sini. Ini biasanya datang sebagai file ZIP dengan beberapa file IMG disimpan di dalamnya. Buka zip konten ke lokasi ini.


Di folder, tahan tombol shift pada keyboard Anda, klik kanan di dalam jendela, dan klik tombol "Open PowerShell Window Here". Di macOS atau Linux, navigasikan ke folder ini menggunakan aplikasi Terminal.


Ketik perangkat adb di jendela Windows PowerShell untuk memastikan perangkat Android Anda terdeteksi. Jika ya, ketik adb reboot bootloader untuk memulai ulang perangkat Anda dan boot ke menu Android bootloader.


Jika ADB memerintahkan tidak berfungsi, ketik. \ Adb sebagai gantinya.


Sebagian besar firmware pabrikan dilengkapi dengan skrip "flash-all" yang mem-flash semua file gambar yang relevan ke perangkat Anda. Setelah perangkat Anda dalam mode bootloader, ketik flash-all untuk memulai proses flashing.


Jika skrip flash-all tidak berfungsi, Anda harus mem-flash setiap item di folder secara manual. Ketik perintah berikut ke dalam Windows PowerShell (atau Terminal) dengan menekan tombol Enter di antara setiap langkah:
 -fastboot flash bootloader <nama bootloader> .img
 -fastboot reboot-bootloader
 -fastboot flash radio <nama file radio> .img
 -fastboot reboot-bootloader
 -fastboot flash -w memperbarui <image file name> .zip
Setelah proses ini selesai, ponsel Anda harus restart. Jika proses flashing berhasil, perangkat Anda sekarang akan menjalankan gambar firmware yang diturunkan.
Menggunakan Alat Flashing Pihak Ketiga


Berkat kerja para pengembang sukarela, alat kilat pihak ketiga tersedia. Alat flashing firmware khusus pabrikan ini menawarkan kepada Anda metode alternatif untuk mem-flash firmware Anda tanpa menggunakan metode Fastboot.


Jika perangkat Anda tidak memiliki alat pihak ketiga, yang terbaik adalah menggunakan metode Fastboot yang tercantum di atas.
Perangkat Samsung dapat menggunakan Odin untuk menurunkan versi ponsel mereka. Ini adalah salah satu alat flashing paling terkenal di luar metode Fastboot resmi.
Antarmuka Odin bukan yang paling ramah bagi pemula, tetapi akan memungkinkan Anda untuk mem-flash ke beberapa perangkat Samsung, termasuk ponsel Galaxy terbaru yang tidak terkunci.


Ingatlah bahwa beberapa operator seluler mengunci bootloader pada perangkat yang dijual melalui tokonya. Operator jaringan ini dapat enggan mengizinkan pengguna untuk membuka kunci ponsel mereka kecuali handset dibayar sepenuhnya.


Alat tambahan tersedia untuk pabrikan lain. Posting ini di pengembang XDA mencantumkan berbagai alat flashing untuk perangkat Motorola, termasuk RSD Lite yang direkomendasikan. Pemilik perangkat Huawei dapat menggunakan Huawei Recovery Updater (HuRuUpdater) sebagai gantinya.


Kami tidak bisa cukup menekankan ini: Alat-alat ini tidak dijamin untuk bekerja, dan mereka tidak datang dengan persetujuan dari produsen. Apakah Anda menggunakan alat pihak ketiga atau metode Fastboot, risiko perangkat Anda tetap sama.


Sekali lagi, sebelum Anda mulai, pastikan Anda telah membuat cadangan telepon Anda sebelum Anda melakukan upaya untuk mem-flash perangkat Anda karena ponsel Anda akan terhapus selama proses flashing.